Spoiler for bearing n seal:
Kalo setir getar n gak bisa spooring . Salah satu penyebabnya adalah laher/bearing dah oblak. Tentu harus ganti bearing supaya bisa spooring.
Harga bearing + sealnya untuk 1 roda, laher 65 x 2 + seal 20 = 150ribu.
Bagi yg seneng ngebongkar sendiri, mudah2an ini ada gunanya.
Spoiler for tool yg digunakan:
kunci shock 10,12,17 n 50. Jg kunci shock mur roda.
Hammer/palu
Tang untuk membuka ring pengunci
Obeng -
Jack stand n dongkrak tentunya
Spoiler for buka freelock:
buka pake kunci 10 n 12. buka ring pengunci. Tarik. Simpan baik2, bautnya jangan ilang.
Spoiler for dongrkak n tahan:
dongkrak n pasang jack stand. Buka mur roda.
Spoiler for rumah bearing:
buka pengunci mur. Gunakan obeng untuk mencungkilnya.
Gunakan kunci shock 50 untuk membuka mur. Kalo gak ada bisa jg pakai obeng – yg diketok pake palu di salah satu ujung/sisi mur.
Lepaskan satu per satu.
Spoiler for kaliper cakram:
Gunakan kunci shock 17. Gantung kaliper cakramnya. Jng biarkan menggantung dg kabel selang hidrolisnya. Gunakan kawat or tali.
Spoiler for lepas rumah bearing:
Tarik rumah bearingnya. Bawa ke tukang bubut buat melepas dudukan bearingnya kecuali kalo punya alat press sendiri. Jgn dipukul apalagi digigit he.. he… Biaya buat bongkar pasang 35rb. (silakan nego sendiri.) Sudah termasuk pasang seal.
Spoiler for pasang seal:
Yg gak mantep kalo gak pasang sendiri seal. gampang, cuma tinggal getok pake palu dg memanfaatkan konci shock yg gede (50).
Sesudah kepasang bearingnya tinggal rangkai kembali dengan urutan yg terbalik dr ketika membuka rumah bearing.
Kekencangn untuk torsi mur pengikat bearing 1 = 93 lbf (yg dekat dg bearing) dan yg 2 sbg penguncinya = 40 lbf
total biaya 185rb (diluar biaya minum, makan, cemilan n parkir )
grase/gemuk tdk ane hitung karna ane masih ada stock
Spesial Thanks buat Om Sierra84 .... :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar