Rabu, 29 Januari 2014
Mengganti Belt Tensioner di Jazz GE8
Setelah 2 1/2 tahun pemakaian ..... kemarin ada part yg ngambek.
Pagi pagi waktu gw anasin mobil..... mendadak mesin bunyinya kayak mesin diesel....kasar nya minta ampun .... :matabelo
ada apa gerangan ?
Lalu gw cari asal dari bunyi-nya..... ternnyata berkisar di sekitaran dinamo ampere, pulley AC dan Laher Tensioner Belt.
setelah gw taruh Obeng panjang dan gw dengarin pakai kuping ( tentu saja pakai Kuping, masa pakai pantat ).... ternyata positiv , asal suara dari Laher Tensioner Belt.
Laher ini fungsinya utk membuat Belt selalu dalam kondisi optimal kekencangan-nya.
akhirnya gw ke Beres honda buat lihat harga barang dan ongkos pasang-nya.
Laher Tensioner : 692.000
Pasang : 98.000
all excluded PPN.
Busyet dah..... laher kecil begono harganya 700 rebong ! ...... :matabelo
karena udah terlanjur ke Beres , ya udah lah..nanggung....pasaaaaang !
Ini field reportnya :
Laher tensioner itu modelnya kayak gini .... aslinya pakai laher merk NTN... namun ada ditambahan lingkaran Metal sebagai dudukan Belt.
Posisi Laher Tensioner itu disini .... pas di area Belt.
Nah itu harga barangnya .... O iya, gw sekalian nebus Fender plastic bawah tutup mesin yg udah carut marut dan ilang pin-nya.
-----------------------------
Setelah gw check ulang laher tensioner bekasnya, gw simpulkan :
1. Laher-nya ternyata emang sudah oblak dan bunyi.
2. Laher utama nya merk NTN seri 8203 LH
3. Laher seri itu kalau beli di toko laher cuman kena Rp 95.000
4. Laher tensioner ini kalau rusak sebenernya bisa hanya di ganti Laher-nya... tapi kalau di beres, mana mau mereka melakukan itu.... mereka ya maunya jual gelondongan ..... :(
5. jadi next kalau ada yg akan ganti Laher tensioner..... jangan beli gelondongan di Beres.... cukup beli laher-nya aja di toko laher..... lebih murah, lebih efisien.
6. Bayangin coba..... 700 rebong vs 95 rebong !....sialan Lu Honda !!
:mads :mads ..... amunisi buat liburan Imlek jadi berkurang dah !
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ganti pake nsk 6203 zz sma kayak laher roda motor beli cuman 15rb.
BalasHapusBwa ha ha haaa,... Kenak deeeh ... Btw Makasi Infonya sangat Bermanfaat, saya kena Penyakit yg sama pada City Saya . Emang Niatnya mau ganti Lahger saja tapi ga tau nomrr Typenya . Ternyata NTN seri 8203 LH.... Beli dulu aaaah .... Makasi Beraaaat BRO daripada 700 Rebong terbang , klo beli Bakso bisa makan orang sekampung ha ha ha aaaa
BalasHapusSebenr nya gmn kita nya klo mau nyaman dan aman end tahan lama ya ambil ori honda.. Hehe
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKlo buat honda freed sama ga ya typenya soalnya ane punya penyakit yg sama.
BalasHapusMas @yogi sugiana, dicopot aja mas idler pulley tensionernya, nanti keliatan seri bearing-nya.
BalasHapusMas @yogi sugiana, dicopot aja mas idler pulley tensionernya, nanti keliatan seri bearing-nya.
BalasHapusKalau brio satya ukurn sma ga yah?!
BalasHapusjazz gd3 punya saya kalau mesin mulai panas ada suara berdecit didaerah belt tapi bawah..mungkin itu lahernya juga ya? kalo ganti laher sama beltnya sekalian bagaimana ya?? takut kalau putus dijalan..makasih
BalasHapusInfo bagus bos. Terima kasih
BalasHapusAwalnya kirain kompresor yang kenak, pas ac dimatiin geternya ilang. Sambil Jalan pelan otw pulang kok geter lagi padahal ac off. Pasti tensioner nya kenak ya nggak sih? Mudah2an kompresor ac baik-baik saja
BalasHapus