Kalau sudah keras....pasti ada beberapa part kopling yg udah minta apkir ( tapi bukan berarti habis kampasnya yah )
coba perhatiin set kopling berikut : ada matahari , kampas dan flywheel
gambar 1 - kopling bekas
biasa-nya yg bikin berat kopling itu justru matahari ( karena daya lenturnya hilang dan udah kemakan jari jarinya)....per kecil yg ada di kampas kopling yg udah keras yg biasanya di sebabkan oleh karat ( kalau di gambar jumlahnya ada enam buah per)...atau bahkan Permukaan Fly wheel yg udah nggak rata karena kena gesek pen dari Kampas kopling.
Fly wheel ini berfungsi sebagai landasan penahan kampas Kopling waktu terjadi transfer tenaga dari mesin ke drive train...jadi permukaanya harus tetep halus dan rata....nggak boleh benjol benjol atau celong sana sini akibat bergesekan sama pen kampas kopling.
jadi skema mekanisme waktu Kopling diinjak itu urutanya kayak gini :
1. Injakan Kopling
2. Fluida pressure akan mengirim tekanan ke master kopling
3. master kopling menekan tuas kopling
4. Tuas kopling menekan matahari
5. Bilah yg ada di matahri menekan Kampas Kopling
6. Kampas Kopling berputar diteruskan ke derk laher
7. Derk laher di teruskan ke Flywheel dan pilot laher.
semua part kopling set itu bergantung satu sama lain...begitu ada yg nggak sehat satu akan secara otomatis mempengaruhi kinerja Kopling secara keseluruhan.
Gambar berikut ada derk laher yg didalam bungkus merk NTN.....derk laher ini kadang karena kena lembab dan air , jadi macet dan nggaak mau muter lagi...ini juga bisa bikin berat injekan kopling
gambar 2 - kopling baru
satu hal lainya yg bikin kopling keras adalah master kopling yg udah seret pistonya dan oli kopling yg udah jelek keadaanya seperti post dari Om Singachu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar